Kamis, 17 September 2009

Penemu mesin 2tak dan 4tak

Jangan bingung bicara 4tak dan 2tak. Tahu dong pastinya, apalagi kalo ente anak motor pasti tau beda motor 4tak sama 2tak, tahu kan….! Siapa yang ngga tau motor Honda Supra X dan motor Yamaha RX King, mending pulang kampung aja sampeyan….! Atau buru-buru deh sampeyan ke dealer motor terdekat, tanya itu jenis motor apa…?

OK deh to the point aja, ane bukan mau jelasin bedanya motor 4tak sama 2tak itu, atau mau jelasin untung ruginya naek motor itu, tapi ane mo kasih info sedikit biar sampeyan kaga penasaran atau tanya-tanya sama tukang pembuat motor tersebut, atau malah sampeyan maseh tanya-tanya ama diri sendiri siapa sih penemu mesin ini…?.

Nih bocorannya…..!

Entiene Lenoir yang lahir pada tahun 1822 dan meninggal dunia pada tahun 1900 adalah seorang berkebangsaan Perancis yang pertama kali menemukan motor bakar 2tak. Sedangkan August Otto yang hidup antara 1832 sampai 1891 adalah seorang berkebangsaan Jerman yang membuat cikal bakal ramainya industri Mobil, si penemu mesin 4tak.

Pada tahun 1860, Otto mendengar kabar ada ilmuwan jenius yang bernama Leonir, yang mampu membuat mesin pembakar dengan dua dorongan putaran alias 2tak. Sayangnya mesin 2tak ini memakai bahan bakar gas. Otto menilai ini kurang praktis.”Kalau saja memakai bahan cair, pasti berdaya guna, karena ngga perlu musingin pembuatan gas”pikir Otto waktu itu. Otto kemudian menciptakan karburator, sayangnya ditolak lembaga paten, karena ada yang mendahului. Namun doski menyempurnakan mesin 2tak dengan 4 dorongan alias 4 langkah. Hasil ini dipatekan di Jerman pada tahun 1863.

Mendapat formula jitu. Lalu ia membuat mesin yang dibiayai oleh Eugene Langen. Konstruksi buatannya mendapatkan medali World Fair di Paris 1867. Dengan mengendus kesuksesan besar mereka berdua menggaet ilmuwan brilian Gottlieb Daimler untuk terus mengembangkan formulanya, hingga kini lahirlah beribu-ribu macam jenis kendaraan yang kita gunakan.

So, jadi sampeyan kudu ingat kalo motor sampeyan 2tak itu adalah inspirasinya Leonir, sedangkan kalau yang sampeyan kebut itu 4tak adalah hasil pikirannya Otto. Ingat yah jangan salah lagi…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar